OUTFIT

DIY

BEAUTY

LIFE

Akhirnya full vaksin! Kamu sudah belum?

Alhamdulillah udah full vaksin! Yay! Semoga vaksin ini bisa beradaptasi dan bekerja dengan baik di dalam tubuh gue :) Nah sekarang gue mau sharing pengalaman vaksin di tempat yang membuat gue cukup amaze sama penyelenggara, sistem dan regulasinya.

Gue dapet undangan vaksin dari program yang diselenggarakan oleh Kemenparekraf (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif) melalui Alodokter dan berlokasi di Neo Soho Mall. Vaksin pertama tanggal 8 Juni 2021 dan vaksin kedua tanggal 1 September 2021 (jeda 3 bulan)  keduanya dilokasi yang sama dan diwaktu yang sama pas pagi-pagi biar hawanya masih seger. Dateng ke mall dari belom buka adalah suatu hal yang istimewa buat gue (dulu gue sempet punya job yang kerjaannya bolak balik mall dari belom buka sampe tutup 😂) 

Sebelum dateng ke Sentra Vaksin harus registrasi dulu sebelumnya. Kayanya ada seminggu lebih waktu gue daftar vaksin yang pertama, kalo yang kedua tinggal tunggu info aja dari mereka. Berikut arahan yang gue terima dari Alodokter yang harus disiapkan:

- Membawa KTP asli

- Menunjukkan surat konfirmasi dari pihak penyelenggara vaksin

- Ditemani setidaknya 1 anggota keluarga atau kerabat

- Disarankan perjalanan dengan kendaraan roda 4

Nah ini nih yang membuat gue salut sama regulasinya...

  • Registrasi mudah. Dari awal, peserta penerima vaksin gampang banget registrasi via aplikasi Alodokter. Tinggal input data, pilih tanggal dan jam.. kelar deh! Kita semua tau ya aplikasinya bagus. Jadi gak ada eror dalam input data. Jujur gue males banget sama hal-hal yang menyangkut aplikasi harus input data tapi suka eror tuh kumaha jadi menghambat kan. Setelah registrasi, kita akan terima chat di WhatsApp mengenai info lebih lanjut yang udah gue bahas di atas ya.
  • Tempat nyaman. Berlokasi di Neo Soho Mall yang sudah pasti luas. Walopun indoor tapi sirkulasi udara cukup baik.
  • Petunjuk jelas. Sampe di mall udah banyak plang petunjuk vaksin. Dari masuk parkiran, di eskalator, dan setiap lantai di mall. Semua petunjuk seperti registrasi di lantai berapa, screening harus kemana.. pokoknya lengkap deh. Kalo kita dateng sendiri pun tenang aja karena semua informasi jelas.
  • Staff / crew ramah dan informatif. Pernah gak dateng ke suatu event terus kebingungan mau tanya-tanya tapi pada 'ngah ngoh' alias jawaban mereka gak menjawab dan gak tau - gak tau mulu yang ada bikin kita kesel 😂😂 kayak "lah gimana sih ko serba gatau ditanya ini itu" ----- NAH! So far selama gue disana gak ngalamin perasaan kayak gitu.  Para petugas informatif, tegas, dan juga ramah. Kalo keliatan ada peserta yang bingung biasanya langsung disamperin dan dibantu (begitu sih yang gue perhatiin selama lagi ngantri). Gue juga sempat tanya beberapa hal seputar vaksin juga mereka serba gercep, cepat, tanggap. Jangan kan petugas, security nya aja informatif. Salut deh! Pantas diapresiasi untuk orang-orang yang udah bekerja sepenuh hati kaya gini 👏👏👏
  • Dokter juga ramah dan informatif. Pas disuntik supaya gak tegang udah pasti diajak ngobrol dulu, becanda dulu. Setelah itu langsung diinfoin kalo ada efek samping harus konsumsi obat apa dan lain-lain.
  • Terstruktur rapi dan cepat. Dari segi antrian, bangku yang berjarak, alur antrian semuanya rapi 👌 Gak ada desek-desekan. Gak ada yang ngomel-ngomel. Nunggu antrian pun gak terlalu lama karena alurnya cepat. Mereka udah antisipasi banget supaya gak padet. Dan selalu infoin untuk jaga jarak. Pas lagi ada proses antri yang harus berdiri, itu literally diarahain arak berdirinya harus semana. Bahkan kalo ada yang selak antrian pasti langsung ditegor. Oke banget kan. Jarang-jarang loh begini.

Tahapan vaksin:

Registrasi - Screening - Vaksin - Observasi
Yang mau vaksin jangan lupa bawa data-data deh pokoknya. Fotocopy KTP paling penting. Di sana sih disediain mesin fotocopy dan dibantu sama petugasnya. Tapi gue gatau di Sentra Vaksin lain gimana. Jadi jangan lupa siapin. Sebelum berangkat cek lagi. Jangan kaya gue, ketinggalan di meja kerja hehehehe

Saat tahap Screening, tensi akan dicek dan ditanya apakah lagi sakit, hamil atau ada penyakit bawaan. Secara keseluruhan dari gue dateng registrasi sampe observasi kira-kira memakan waktu 1,5jam. Termasuk cepat menurut gue, gak berasa lama karena tempatnya juga nyaman dan dingin. Tahap vaksin cuma 3 menit itu pun udah termasuk gue konsultasi. Tahap observasi sekitar 15-30 menit karena harus nunggu dulu apakah ada efek samping yang langsung terasa.  jadi bisa dihandle langsung oleh mereka. Setelah itu udah bisa langsung pulang dan sertifikat akan di sms.

Untuk vaksin yang kedua pun prosesnya sama. Beberapa minggu sebelum vaksin udah di WhatsApp Alodokter info jam-tanggal-tempat. Saat gue di sana, keadaannya pun sama seperti vaksin pertama. Tempat nyaman, crew oke, vaksin cepat. Kelar deh.

Karena saat vaksin petama dan kedua gue gak foto lokasi, cuma bikin video untuk Instagram dan TikTok jad gue share di sini juga ya videonya.





Mood booster vaksin kedua

Btw, gue gak memilih jenis vaksin. Di sana vaksinnya Aztra Zeneca, jadi gue ikut aja.

EFEK SAMPING VAKSIN DOSIS PERTAMA
Wah lumayan gaswat! 😂  Kalo disimpulin sih rasanya kaya kena tipes. Memang disarankan setelah vaksin langsung pulang, tapi gue ada kerjaan jadi gue pulangnya jam 6 sore. Kira-kira 6 jam setelah vaksin masih gak berasa apa-apa, tapi lagi-lagi seharusnya gue udah antisipasi minum paracetamol di siang hari. Ini gue minumnya udah malem banget jam 10an pas efeknya mulai berasa haha.
Rasanya badan demam, pusing, kepala sakiiiit bgt. Pas dini hari suhu badan makin kacau panasnya, gue susah tidur sampe subuh. Suhu badan 39°C gak bisa napas melalui hidung, bisanya dari mulut saking segitu panasnya. Paginya gue mau ke kamar mandi, mau makan, mau ngapa-ngapain pun masih gak bisa, segitunya terkapar tak berdaya. Kalo dibayangin emang serem (itu yang bikin gue lumayan jiper buat dosis kedua) Gue lupa minum paracetamol berapa kali, kayanya setiap 4-5 jam sekali. Besok harinya Alhamdulillah udah sangat mendingan. Tapi tetep masih agak lemes. Yaaa kira-kira recovery 2-3 hari.


EFEK SAMPING VAKSIN DOSIS KEDUA
Alhamdulillah cuma merasakan ngantuk aja. Gue tidur mulu selama 2 hari setelah vaksin dosis kedua. Hehe.

Gak semua orang efek sampingnya kaya gue. Ada yang efek samping dosis pertama cuma pusing aja, ada yang mual-mual dan diare, bahkan ada yang sampe pingsan, tapi ada juga yang gak berasa apa-apa malah udah bisa sepedaan. Bener-bener semuanya tergantung kondisi tubuh masing-masing. 
---
Overall gue lega udah bisa full vaksin, tinggal booster aja nih kalo bisa. Gue juga puas sih kedapetan Sentra Vaksin yang gak ada drama. Sangat disayangkan ada beberapa penyelenggara vaksin yang sepertinya kurang siap kedatangan ribuan orang jadi alurnya kurang terorganisir dengan baik. Kira-kira begitu sih yang gue lihat dari postingan temen-temen Instagram. Gue juga gak tau ya pastinya Alodokter menyediakan berapa ribu slot vaksin, tapi yang jelas setiap jam ya alurnya rapi aja gitu.

Hari pertama dan kedua vaksin, gue barengan sama temen gue, Steffi Santa. Setelah selesai kita sempet obrolin betapa salutnya sama proses yang gak bertele-tele dan serba rapi. Good job team!

Thank you, Kemenparekraf & Alodokter! :)

------

Vaksin itu penting banget. Kalo kondisi badan kita fit dan memang diperbolehkan vaksin ya silahkan vaksin. Keuntungannya buat diri kita sendiri ko dan pastinya buat orang lain lebih nyaman juga kalo tau kita udah vaksin apalagi udah full dosis.

Kalo stamina kamu sehat, YUK VAKSIN! :)

That's all for today, thank you for reading.
Sehat-sehat ya semua!